Jihad in Christianity

Judulnya emang tentang Jihad, tapi sebenernya ni postingan nyeritain ulang kotbah kebaktian tadi pagi kok. Salah satu yang dibahas memang tentang jihad, tapi dikit banget sih. Tapi bagian jihad ini ngena banget dan terngiang2 terus.

Sebelum ngomongin jihad, gue cerita dulu tentang tema bahasan kebaktian tadi. Tema utamanya si gue lupa๐Ÿ™‚ tapi initinya ngebahas tentang martir pertama ( protomartir ) yaitu santo Stephanus. Di dalem kitab kisah para rasul, lupa pasal n ayat berapa, disitu diceritain tentang akhir hidup Stephanus yang mati dirajam di depan sodara2 sebangsanya sendiri karena imannya pada Allah. Hal ini yang ditekankan pada kotbah tadi, “iman” yang harus dipegang walaupun harus mati karenanya.

Jadi dalam kehidupan beragama, yang terpenting itu iman, bukan agamanya. Ngapain juga kita banggain agama masing2 kalo itu cuma sekedar topeng, tanpa kita melakukan hal2 baik yang diajarkan agama itu? Bahasan ini juga kemaren disampaikan oleh pendeta yang dateng ke kantor buat perayaan paskah di kantor. Pendeta itu ( lupa siapa namanya ) juga bilang kalau agama itu ga penting! Bukan berarti dia njelek2in smua agama ato agama tertentu ya, tapi maksudnya tu apa artinya punya agama kalo kelakuannya ga bener. Lebih baik atheis tapi baik hati dan suka menabung.

Agama itu cuma kendaraan / fasilitas buat menuju sorga. Dengan agama hidup kita jadi terarah. Tapi apa artinya beragama tanpa iman? NOL BESAR! Yap, percuma ngebangga2in agama nya, rajin ke gereja, pelayanan tiap hari, tapi kelakuan nyebelin, sering njelek2in orang lain, egois, suka marah2, disebelin orang2 sekantor / temen2, orang ga nyaman di deket kita. see?

Jadi apa hubungannya iman sama jihad? sebentar.. sebenarnya gue rada lupa sih.. tapi dicoba deh ditelusuri lagi..

Apa sih jihad itu? pasti anda semua udah sering denger kata2 jihad. kata2 jihad dipopulerkan oleh teroris yang melakukan pengeboman di Bali pada awal2 tahun 2000 ( kalo ga salah lagi..๐Ÿ™‚ ) Ya, mulai dari situ kita jadi familiar dengan kata2 jihad. banyak terjadi tindakan terorisme yang mengatas namakan jihad, dan puncaknya yaitu pada 11 september 2001 di newyork. Yup, tragedi WTC. Dimulai dari situlah, akhirnya terjadi perang besar antara Amerika melawan jihad nya teroris.

Dari berbagai sumber yang saya dengar, jihad itu artinya berperang untuk membela agama. Jaman dulu juga udah terjadi jihad loh, waktu perang salib, dimana umat Kristen di Eropa berperang untuk memaksakan satu agama di seluruh negeri. Tapi hasilnya? cuma buang2 nyawa doank, ga da hasil. Yaitulah kalo kita berperang dengan mengatas namakan agama, hasilnya ngga ada.

Untuk orang Kristen, jihad yang benar itu seperti santo Stephanus, berjuang untuk mempertahankan iman nya, bukan agamanya. Jadi mulai sekarang, plis deh janganlah kita terlalu menyombongkan apapun agama kita, jangan menganggap agama kita paling benar. Semua agama itu baik, tujuannya juga cuma 1, membantu mengantarkan kita ke sorga diakhir masa hidup kita, dan menuntun kita serta mengajarkan kebaikan dalam hidup ini. Yang harus dibanggakan adalah iman kita, apa yang sudah kita perbuat untuk diri sendiri, sesama, dan untuk Tuhan.

Oya, jadi inget tadi dibilangin juga kalo ada kata2 bijak dari Romo Mangun dalam bahasa jawa, begini :

nek wis teken, ya kudu tekun. pegang teken, ngko psati bakal tekan.”

kurang lebih kaya gitu kata2nya, sekali lagi rada lupa..๐Ÿ˜ saya memang pelupa.. Yang artinya kurang lebih begini, “kalau kita sudah tanda tangan (teken), ya kita harus tekun. Selalu berpegang pada tongkat (teken)yang kuat, pasti kita akan sampai.” Jadi maksud dari kata2 itu adalah, kalo kita sudah tanda tangan ( berkomitmen mengikut Tuhan), kita harus bener2 tekun mengikuti jalannya. Berpegang pada tongkat yang kuat, maksudnya adalah iman kita sebagai tiang pegangan kita dalam melangkah. Maka kita akan sampai pada-Nya. Sungguh kata2 yang sangat berarti, dan sekali lagi menegaskan bahwa yang terpenting yang harus dimiliki oleh semua orang, apapun agamanya, yaitu IMAN.

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat. Tidak ada maksud apapun dalam membuat tulisan ini, hanya sekedar ingin sharing tentang apa yang udah saya dapat pagi ini. Dan tidak ada maksud menyinggung suatu agama tertentu.

Semua tulisan diatas saya tulis atas pengertian dan pengetahuan saya sendiri, mohon dikoreksi apabila ada kesalahan.

Thanks! have a nice sunday! ( soalnya waktu nulis ini hari minggu๐Ÿ™‚ )

One thought on “Jihad in Christianity

  1. wkwkwk wah sharing kotbah pagi ini! greaatt onee!

    seettuujjuuu paboo!๐Ÿ˜€
    yg terpenting bukan cm omongan soal agamanya,
    tp iman buat ngelakuin agama itu, jgn asal ‘jihad’..๐Ÿ™‚
    bgus ni buat dirnungin..hehe

    *eh dasar tp ko bnyk lupanya..=_= wkwkkw!
    wait for your nextt post.. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s