Amazing Hangul

How great this language!

Yah, akhir2 ini emang gue sangat2 deket sama yang berbau2 korea. Mulai dari nonton film korea, variety show korea, makan ramyun korea, sampe belajar bahasa korea (hangul). Memang akhir2 ini dunia sedang dilanda virus korea. Begitu juga diriku yang ikut tertular virus itu. Udah sebulan ini gue lagi seneng banget belajar bahasanya.

Gue salut banget sama orang2 Korea. Korea sekarang udah sangat2 maju, mendekati atau malah udah lebih maju dari jepang. Tren dunia pun mengacu ke korea. Siapa yang gatau samsung, KIA, hyundai, LG, Lotte, red mango, fila ??? itu semua dari Korea cuy! gokil kan..

Dan satu lagi yang bikin gue salut, yaitu bahasanya, yang namanya Hangul (한글).

Tadi gue browsing2 tentang sejarah hangul ini, ternyata hangul ini adalah kebanggaan orang Korea, dan sama UNESCO udah dijadiin warisan budaya dunia. Dan dinobatkan sebagai sistem penulisan yang paling ilmiah diseluruh dunia. Loh kok bisa gitu ya?

Begini ceritanya. Jadi hangul itu baru diciptain taun 1443, oleh King Sejong. King Sejong itu raja yang berkuasa pada masa itu. Kenapa dia kepikiran buat bikin bahasa baru? karena waktu jaman itu, disana cuma pake bahasa mandarin, which is susah buat dipelajarin, dan cuma orang2 elit doank yang bisa belajar bahasa itu. Jadi tingkat masyarakat yang buta huruf tinggi banget di masa itu. Jadi lah King Sejong mengonsep sebuah bahasa baru dengan ngumpulin orang2 pinter diseluruh Korea.

Mereka berpikir sedemikian rupa, sehingga, tring! terciptalah hangul. prok prok prok! Terciptalah alfabet fonetis yang memungkinkan kata-kata yang akan ditulis persis seperti yang disuarakan. awalnya ada 17 huruf konsonal dan 11 huruf vokal. tapi sekarang tinggal 14 konsonan dan 10 fokal yang dipake. Berikut gambarnya kalo ada yang penasaran kaya gimana sih hangul itu. tapi gue yakin semua orang pernah liat tulisan ini lah, karena menjamurnya film2 korea di indonesia akhir2 ini.

Setelah hangul ini diperkenalkan ke masyarakat korea, tingkat melek huruf meningkat tajam (katanya). Tapi emang sih pengalaman pribadi gue, sebenernya ga gitu susah ngapalin huruf2 hangul ini, karna emang punya struktur dan pola yang bagus. Kata orang2 korea sono, perbandingannya tu kalo belajar bahasa mandarin/jepang butuh 1 taun tapi buat blajar hangul cukup 1 minggu dah bisa baca tulis.

Tapi susahnya tu kalo denger trus suruh nulis, pasti banyak yang ketuker2 antara O sama EO, U sama EU, dan lain2. Karna emang pengucapannya mirip2, beda di penekanan kata nya aja. Tapi so far gue belajar sih cukup fun.

Ya begitulah asal mula hangul dibuat. Thanks to King Sejong the Great for this world heritage. Sampe2 tiap tanggal 9 Oktober diperingati hari terciptanya hangul di korea sono.

Sekian sharing gue tentang hangul, semoga kalian2 jadi tertarik buat belajar hangul.. hehehe

감사합니다

3 thoughts on “Amazing Hangul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s